Monday, August 12

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur dengan khas kuah berbumbu kluwak (jawa: kluwek; betawi: pucung). Kuliner ini telah kondang, terkenal di Indonesia. Berdasarkan pengalaman penulis rawon ini cukup lezat dan bagi Anda yang sedang berada di kota Malang wajib mampir ke warung Rawon Tessy. 
Yang menjadi ciri khas kuliner ini adalah kuah rawon yang cukup bening, boleh dikatakan beningnya kuah rawon ini berasal dari makanan yang fresh di masak pada hari itu sehingga kuah belum mengental akibat proses pemanasan yang berulang kali. 
Selain rawon, teman menu ini adalah tempe goreng. Satu catatan untuk tempe Malang adalah bahan dan rasanya yang khas, berbahan dasar kedelai murni -jarang ditemukan di daerah lain- sehingga rasanya gurih. Selain tempe, terdapat teman menu lain yaitu mendol (Jawa Tulungagung: terasi dele) yang berbahan dasar tempe masam, paru sapi goreng dan sambal.

Berikut ini penampakan Rawon Tessy - Kuliner Khas Malang
Rawon Tessy - Kuliner Khas Malang
Rawon Tessy bersama teman menu lain
Rawon Tessy - Kuliner Khas Malang
Selain daging sapi rebus, pilihan lauk daging bisa berupa daging empal goreng (sebagaimana penampakan). 
Satu catatan tambahan penulis mengenai asal mula nama Tessy diabadikan pada dinding warung sebagai berikut
Rawon Tessy - Kuliner Khas Malang
Informasi
Lokasi: depan stasiun Malang
Petunjuk arah: dari pasar klojen terus arah stasiun Malang, jalan terus. Lokasi warung kurang lebih 300 m dari depan stasiun, posisi kiri jalan (samping pedagang helm).
Harga: Rp.12.500,-/porsi
Jadwal buka: mulai pagi
Rekomendasi waktu konsumsi: sarapan / pagi hari 

Selamat menikmati...

Tagged:

0 comments:

Post a Comment